Bawang Putih Bawang Merah

Selama tinggal bareng mama-papa, dapur adalah ruang yang selalu jauh dari gue atau gue jauhi. Biasanya dapur itu merupakan tempat yang gue hampiri sesekali ketika piring dan gelas harus dicuci, atau malem-malem kangen indomi.

Tapi sejak tinggal sendiri di Leeds, jauh dari mamah, hubungan gue dan dapur berubah. Dia bukan lagi “alam lain” buat gue tapi udah jadi keseharian. Sama seperti kegiatan sikat gigi atau cuci tangan dan kaki. Mau ga mau gue harus masak sendiri karena uang beasiswa mesti diirit-irit mengingat selera makan gue yang begitu gatau diri.

Dari semua kegiatan masak-memasak gue di dapur, ada satu hal menarik yang gue baru tau dan akan gue inget selalu. Yaitu…  woyy aduh woyyy betapa ritual ngupas bawang putih dan bawang merah, serta menguleknya, adalah merupakan kegiatan yang painful dan butuh waktu. Kenapa? karena hampir di semua masakan (98.9%) gue akan memakai si bawang ulek tersebut. Kebayang kan gimana capeknya mesti lewatin tahapan itu tiap hari? Udah usaha nih gue supaya ga terlalu painful, adegan ngulek diganti pakai hand blender. Tapiiii tetep aja woy itu ngupas dan ngeblendernya juga makan waktu. Kesel banget asli!

Terus tibalah masa di mana nyokap nengokin gue ke Leeds, beliau masakin gue tiap hari. Pulang sekolah ke dapur udah ada makanan tanpa harus usaha tuh rasanyaaa MA SYAA ALLAH ne’madh bangettttt Ya Allah Ya Rosulullah!!! Makanan yang tersedia di meja tanpa usaha ternyata adalah rejeki yang selama 24 tahun hidup selalu gue lewatkan begitu saja. Seliteral-literalnya arti dari “taken for granted”. Jangankan gue sempet ngeluh tentang kerepotan bawang merah bawang putih, mulut gue udah langsung terbungkam sama masakan enak dari nyokap. Enaaak banget asli! Kangen.

Nah pas udah sampe di hari mama harus balik ke Indonesia, beliau bilang sama gue sebelum dianterin ke airport, “Kak, itu udah mama siapin bawang putih sama bawang merah yang udah dikupas dan udah diblender ya. Biar kakak ga repot.” Uuuuuuuh gimana gue ga terharu 😥 Doi tau banget itu painful buat gue tanpa gue harus bilang. Dan yang bikin lebih terharu lagi adalah betapaaaa gue harus “dilempar” belasan ribu kilometer jauh dari rumah supaya ngeh bahwa urusan dapur si mamah di rumah selama ini sungguhlah bukan urusan ecek-ecek. Gue baru setahun masak sendiri aja udah ngeluh panjang lebar. Mama masak puluhan taun buat keluarga ini ga pernah sih ngeluh 😦

Pantes aja mukanya bete kalo pulang kantor gue udah makan di luar.

Pantes aja mulutnya manyun kalo gue jawab “terserah” tiap ditanya mau dimasakin apa hari ini.

Dan pantes aja ekspresinya lega kalo liat gue dan adek-adek plus papah makan lahap sampe piring bersih.

Ternyata kayak gitu rasanya.

 

Terima kasih bawang putih dan bawang merah. Selain enak, kalian tenyata juga merupakan guru terselubung!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s