Rabu Makanan Kalbu


Alhamdulillah Rabu lagi!

Masih bahas lanjutan tentang sunnah w/ ust Badrusalam. Simpulannya gini:

________________

Di hadits riwayat Tirmidzi, dibilang bahwa Islam tuh nantinya akan berpecah belah. Supaya kita bisa bertahan caranya adalah  pegang teguh sunnah Nabi Muhammad SAW dan sunnah khulafaur rasyidin. Jangan remehin sunnah.
Kalo kita nganggep REMEH suatu PERINTAH, kita akan NINGGALIN perintah itu. Sedangkan kalo kita nganggep REMEH sebuah LARANGAN, kita malah akan NGELAKUIN larangan itu. Makanya ati-ati, kita makhluk ‘remeh’ kok ngeremehin aturan Allah  😥
Nah misal rasa-rasanya ada hal dalam sunnahnya Rasul yg kita ga paham “kenapa kok kayak gitu sih?”, pada dasarnya ya lakuin ajalah. Karena akal ente ente semua ga secanggih itu, banyak hal yg ngga nyampe di akal kita yg cetek ini. Sunnah nya Rasul itu kan atas perintah Allah. Perintah Allah pasti bermanfaat lah, sama halnya yang Allah larang pasti karena banyak jeleknya. Dia lebih tau. Jauuuh lebih tau.
Toh ternyata banyak kan yg belakangan ini baru terungkap sama ilmu pengetahuan bahwa sunnah nya Rasulullah tuh banyak manfaatnya.
Lalu apakah semua perbuatan Rasulullah berarti adalah sunnah? Apa seprintil2nya juga harus diikutin?
Nih, jadi ternyata perbuatan Rasulullah menurut konteksnya itu ada 6 jenis:
– berhubungan dg selera/tabiat

– berhubungan dg adat istiadat

– berhubungan dg ibadah

– mempraktekkan perintah Allah

– yang khusus utk Rasulullah bukan utk umatnya

– adat atau ibadat; (masih didiskusikan)
Nah buat yang 6 jenis ini ntar gue blog sendiri aja ya in syaa Allah, panjang soalnya :’)
#notetomyself #belajar #malu #masihcupu #semangat

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s