Rabu Sunnah Dulu


Rabu ini sama Ust Badrusalam. Bahas tentang sunnah itu apaan sih. Kurang lebih gini simpulannya:
___________________

Kita selama ini tuh taunya sunnah adalah hal yang dikerjain dapet pahala, kalo ditinggalin ga dosa. Ini rada misleading nih.

Karena sebenernya sunnah itu ada banyak:

1. sunnah aqidah : apapun yang Rasulullah sampein mengenai agama, karena ini wahyu Allah)

2. sunnah ibadah : bentuk-bentuk ibadah selain ibadah wajib yg Rasulullah contohin, misal puasa senin kamis, tahajud)

3. sunnah sehari-hari : yang kita kenal sbg hadits; segala perilaku dan kata-kata Rasulullah)
Nah, baru tau ga?

Gue sih baru tau :’)

Jadi yaa ternyata sunnah itu bukan cuma penampilan doang kayak celana cingkrang dan jenggotan gitu, apalagi yang suka dibecandain org kayak sunnah rasul malem jumat. Astaghfirullah, receh banget sih 😥

Agama ini tuh udah ada aturannya. Jangan ngada-ngadain aturan agama sendiri. Jangan bikin-bikin ibadah sendiri.

Bahkan lebih baik ibadah sedikit tapi sesuai tuntunan, sesuai sunnah. Daripada ibadah banyak semalem suntuk tapi ga ada tuntunannya.

Sunnah tuh luas banget jadi jangan capek-capek pelajarinnya. Jangan udah jenggotan, celana cingkrang, terus ngerasa paling bener, ngejudge org lain, nyakitin perasaan orang. Sama aja boong :/

Pelajarin sunnah tuh menyeluruh jangan separo-separo.

Oya, sunnah juga termasuk salah satu jalan setan buat gangguin keimanan kita. Tahapannya gini:

– Meremehkan sunnah (ga penting, ga wajib)

– Akhirnya meninggalkan sunnah

– Meremehkan yang wajib (gampanglah solat, gausah jamaah-jamaah amat sendiri jg bisa, ngaji mah bisa ntar)

– Akhirnya ninggalin yg wajib
Na’udzubillah
#notetomyself #belajar #sunnah #ilmucetek #aduh

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s