Hang Out di Panti Jompo

Beberapa waktu lalu, gue sama beberapa temen main ke panti werdha atau yang orang lebih kenal dengan sebutan panti jompo. Sebenernya sejak pulang ke Indonesia gue udah rencanain mau main ke sini tapi keundur-undur terus. Sebelumnya, taun 2013-2014 gue beberapa kali berkunjung ke panti ini, biasanya temen tetap gue adalah Firda, seorang sahabat dari jaman kuliah. Awalnya tuh gue iseng aja kepikiran kenapa panti asuhan lebih ‘booming’untuk dikunjungi, disedekahi, dan dibikinin acara sama orang-orang. Padahal kan ada panti lainnya, kayak panti jompo, panti bayi, dan lainnya. Lalu gue coba google list panti jompo yang ada di jakarta. Dengan alasan daerah yg masih gue bisa jangkau, gue pilihlah Panti Budi Mulia 3 di daerah Ciracas. Pertama kali gue dateng sendiri, berbekal ngobrol sama pengurus panti di telpon, jadi tau bahwa yang mereka butuhin tuh sebenernya banyak. Cuma ya dengan budget anak kuliahan gue hanya mampu bawain karbol dan sabun pel beberapa kantong. Itu mereka butuhkan karena jatah dari dinas sosial seringkali ga cukup, sebabnya adalah nenek kakek di sana banyak yang buang airnya udah gabisa dikontrol, jadi baunya pesing kaan makanya mesti ngepel berkali-kali dalam sehari. 

Nah pengalaman pertama dateng itu adalah gue main ke wisma (kamarnya) nenek kakek itu satu per satu. Gue salim, kenalan, dan ngobrol sama mereka. Itu yaaa… Tanpa gue sangka, baru 3 kamar gue datengin gue udah mayan ga kuat mau nangis banget. Gimana ga nangis coba sih, liat mereka tua-tua berderet lemah gitu, dan tiap gue salim mereka langsung peluk dan langsung pada curhat kangen keluarganya. Mereka tuh kebanyakan ditemukan sama orang dinas di jalanan ga keurus, sebagian lagi tuh ditaro sama anak/mantu nya di panti ini dengan alasan ga sanggup lagi biayain dan mereka janji mau nengok beberapa bulan sekali. Kenyataannya? Ga pernah ditengokin 😥 bahkan beberapa sampe meninggal di panti pun keluarganya ga ada yang dateng pas dihubungin. Bener-bener lepas tangan astahgfirullah.. Well, karena waktu itu berhubung udah mau nangis banget gue pamit bentar keluar wisma nyari toilet. Puas-puasin deh tuh nangis dulu. Huhuhuhu. Pas udah mendingan, gue cuci muka. Gue ga mau keliatan nangis. Ga lucu banget lah. Secara gue kan pendatang ya, masa dateng-dateng nangis mengasihani hidup mereka tanpa bisa banyak berbuat apa-apa pula. Hufffhh. Bisa-bisa gue jadi sama reseknya kayak acara “Andai Aku Menjadi” yang menurut gue nyebelin banget.

Lalu kali kedua dan kali berikutnya gue main ke panti ini lagi, gue mulai ajak temen-temen lain. Di sini lah gue baru ngeh, bahwaaa ngajak temen ke panti-panti kayak gini tuh ga semudah ngajak kongkow, makan, karaoke, nonton dsb. Terbukti dengan yang bersedia ikutan waktu itu cuma Firda doang hahaha. Sebenernya uniknya ya, kebanyakan kalo lo udah nyobain sekali aja ke tempat semacam panti jompo gini nih, yang ada juga nagih buat berikut-berikutnya hihih beneran deh. Tapi alhamdulillah makin sering diworo-woroin tentang kegiatan ke panti nengokin kakek nenek ini, jadi ada juga lainnya yg mau partisipasi. Kalo mereka gabisa dateng, bisa nitipin dana buat beli keperluan nenek kakek yang mau kita kasihin, atau ya titip salam dan doain dari jauh.


Nah akhirnyaaa kemarin kesampean juga main ke panti ini lagi. Agak lumayan mendadak sebenernya, karena gue baru sounding hari selasa dan ke panti hari sabtu. Abis kalo ga dadakan gini gue ada ajaaa malesnya haha. Tapi sayangnya kali ini si sobi andalan gue, Firda, ga bisa turut serta karena pas gue sekolah kemarin doi udah dipinang orang dan diboyong ke Makassar uhuhuhu.. Jadilah mulai dari awal lagi ngumpul-ngumpulin temen buat ikutan ke panti. Finally after maju mundur, ada 5 orang lainnya dari circle gue yang berbeda yang ikutan kemarin. Jadinya malah kenalan satu sama lain dan malah sampe pulangnya kita makan bareng dan main ke rumah Tika segala haha. Barakallah ladies!

Note: tenang aja, postingan ini in syaa Allah riya’-free, malah maksudnya ngajak temen-temen yang baca, buat luangin waktu dan hartanya untuk berbagi sama kakek nenek ini. Dan satu lagi, mau ngasih tau aja nih, ternyata sedekah bisa bonus silaturrahim loh! Hihi. Alhamdulillah

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s