Rabu Diserbu

Setiap Rabu kalau ga ada aral melintang (aral tuh apa sih?) biasanya gue menyempatkan dateng ke kajian The Rabbaniaans di Al Azhar Pusat. Ust favorit adalah Subhan Bawazier, karena nyampeinnya santai, asik, dan bisa dimengerti.


Hari ini temanya kusukaa! Tentang berdoa dan harapan. Kurang lebih gini rangkumannya:

Kita jangan berharap pada Allah deh kalo kita bahkan ga bisa berhusnudzon sama Allah.

Ada jenis doa yg ga dikabulkan, yaitu jika mengandung:

– Maksiat

– Memutuskan silaturrahim

– Isti’jal (tergopoh-gopoh ingin dikabulin)
Nah, agar doa dikabulkan:

1. Kita mesti cinta kpd yg diharapkan

2. Khawatir tidak terkabul (ga ke-PD-an)

3. Usahain dong! (butuh bukan sekedar pengen)
Refer ke poin 1, cinta kayak gimana tuh maksudnya?

– Ilmu (lo paham dan ngerti ga cuma sekedar pengen sama apa yg lo harapin)

– Yakin (jangan dalam kondisi ragu2)

– Ikhlas (yakin putusan Allah yg terbaik)

– Jujur (sama diri sendiri, sama Allah)

Oiya, Allah tuh suka dengan hamba yang mengulang-ulang doa. Makanya kita jangan cepet bosen meminta 😄

PENTING: Jangan lupa menutup doa dengan syukur. Terutama kalo udah dikabulin tuh kita sering banget cuma “YESS Alhamdulillah” terus ngilang 😣

Nah terus tadi ada yang nanya gini: 
Bagaimana kita tahu jika sesuatu itu emang Allah takdirkan utk kita atau engga?

Jawabannya:

Lihat efeknya pada kita, baik pada saat ngusahain maupun saat udah kesampean. Apakah menimbulkan kebaikan pada kita dan sekitar? Kalo lo malah jadi maksiat, jarang ibadah, nyakitin org gitu ya brati itu bukan doa yg terkabul melainkan justru azab yg Allah kasih. Naudzubillah.

Semoga Allah mudahin gaiiss langkahnya buat ikut kajian. Kadang di kantor kita banyak kerjaan, kebanyakan bercanda, dan nyampah2 trus ga sadar hati jadi keras 😢 hiks.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s