Rabu Menggebu

Setiap Rabu kalau ga ada aral melintang (aral tuh apa sih?) biasanya gue menyempatkan dateng ke kajian The Rabbaniaans di Al Azhar Pusat. Ust favorit adalah Subhan Bawazier, karena nyampeinnya santai, asik, dan bisa dimengerti.

Rabu ini temanya: VERBODEN

Intinya tentang maksiat dalam kehidupan sehari-hari. Kurleb gini simpulannya:

Tidak ada dan tidak akan pernah ada kebaikan yg bermula dengan maksiat.
Di hadits dijelasin bahwa orang akan terhalang rejekinya sebesar maksiat yg dia lakukan.

Nah kalo liat org yg maksiat tapi kayaknya tajir-tajir aja, itu karena buat Allah tuh bukan masalah jumlah dan nominal cuy. Kalo perihal beri ya tinggal beri aja, toh Allah ga rugi juga dan Dia kan Maha Pemurah. Masalahnya itu harta yg dikasih berkah ga? Brp banyak org yg usahanya sukses tapi jd ga ada waktu buat ibadah, keluarga ga keurus. Brp banyak org kaya yg duitnya abis buat berobat krn sakit2an, dll.

Karena emang ujian yg susah itu adalah ketika lo udah sukses, doa dikabulin, hidup enak, tapi gimana tetep zuhud dan ibadah tetep konsisten baik? Susah abiss 😦

Allah itu benci banget sama orang beriman yang anteng-anteng aja liat maksiat jalan. Ya usaha dong pake perbuatan, kalo gabisa ya pake omongan, kalo gabisa juga ya pake doa. Biar ntar di akhirat pas ditanya tuh setidaknya ada usaha yg lo lakuin.

Trus ada yg nanya. Rata2 kan maksiat enak ya. Nah kenapa kok ibadah tuh ga asik dilakukan?

Jawabannya si ustadz adalah ya karena mungkin kita l “belajarnya ngelongkap” kenal Allah belum, merasa butuh Allah juga engga, ujug2 mau solat khusyuk dll. Ya ga dapet esensinya. Makanya dirasa ga asik. Kalo lo paham apa yg lo lakuin dan lo tau lo butuh ibadah, asli ya agama ini tuh asik banget!

Rabb 😥

Semoga setidaknya kita bisa ya ngaji se-betah main hape, solat se-fokus meeting sama CEO, atau sedekah se-antusias midnight sale 😣
#notetoself

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s