Lo Ga Tau Apa yang Lo Ga Tau

Di postingan kali ini gue mau sedikit me-recall kejadian jaman kuliah di Leeds lalu. Tepatnya pas semester 2, di mana mata kuliah makin spesifik dan ditambah adanya disertasi (tesis / tugas akhir). Alhamdulillah mata kuliahnya asik-asik semua dan sesuai yang gue harapkan dari awal masuk.

Jadi, sebelum lanjut sekolah S2 ini kan gue bekerja di sebuah media advertising agency selama kurang lebih 2,5 tahun. Bidangnya adalah gue bikin planning untuk campaign brand-brand yang gue pegang dengan melakukan placement di media-media yang ada (TV, majalah, koran, radio, google network, billboard, dan masih banyak lagi). Intinya gue berkutat tiap hari sama ngurusin bagaimana milihin si iklan supaya dapet media yang tepat buat dia tampil termasuk ngurusin nego-nego harganya, frekuensi tayangnya, dll.

Nah, di semester 2 kemarin itu, gue dapet satu mata kuliah yang judulnya Media Planning Strategy. Pas gue tau ada mata kuliah itu tuh langsung, “WOHOOOO! GUE BANGET NIH.” Yaah antusiasme khas kawula muda dengan dahaga ilmu gitu lah (tsaah). Seiring berjalannya waktu, mata kuliah ini pun bergelimang materi dan tugas-tugas baik tugas kelompok maupun individu. Di samping mata kuliah ini kan ada 4 mata kuliah lain yang juga banyak abes tugasnya. Jadi gue mesti ‘bagi badan’ biar semua bisa ke handle. So, buat mata kuliah Media Planning Strategy ini, gue merasa bahwa “Aman lah ini kayak biasa bikin rekomendasi plan aja ke client.” Lalu yaudah, dengan ringannya gue mengerjakan tugas tersebut seperti sebagaimana gue mengerjakan kerjaan gue sehari-hari di kantor. Gue keluarkan sebisa mungkin kemampuan gue sebagai media planner dan media buyer selama 2 tahun ke belakang. Gue baca ulang juga hasilnya dan gue bilang, ‘OK, this should be fine.” Bahkan gue bikin lebih detail daripada yang temen-temen gue bikin seperti ke breakdown budget nya, pilihan frekuensi tayangnya, dll. Biasalah kebawa inget jaman kerja.

Lalu sekitar akhir Juli, setelah exams dan semua tugas berakhir, keluarlah nilai-nilai semester 2 tersebut, gue liatin nilai yang muncul satu per satu, alhamdulillah pada lulus, ada yang pas pasan ada yang bagus. Kan batas lulus di UK itu nilai 50 ke atas ya. Paling bagus juga biasanya orang mentok dapet 80 udah syukuran kali deh. Nah lalu sampelah ke giliran nilai mata kuliah Media Planning Strategy keluar, pas gue liat nilainya YA TUHANNNN GUE CUMA DAPET 40 COBAAA!!! Kaget luar biasa broh, rasanya kayak lo lagi anteng duduk-duduk cantik di taman minum teh, terus tiba-tiba lo kesengat tawon 7 biji!!! Gimana ga kaget coba?! Dih ini gimana sih kok bisa-bisanya mata kuliah yang gue paling antusias dan isinya hal-hal yang dekat sama pekerjaan gue sehari-hari, kok malah bisa-bisanya gak lulus, apa-apaan banget???!!!

Lumayan tuh gue 2 hari kali termenung linglung kalo jalan kesandung-sandung. HERAAAN BANGETTTTT! Oke, gue coba cooling down dan gue berusaha menganalisa ini gue salahnya di mana dan apa yang bikin fatal banget. Gue baca baik-baik feedback dari dosennya dan gue juga email beliau nanya-nanya. Ternyata yaahh alasan pertama adalah gue tuh kena penalti karena words count nya over. Itu juga simelekete banget deh, gara-gara gue kira daftar isi itu ga diitung eh ternyata diitung! Jadilah gue over words limit nya. Lalu alasan kedua, adalah karena gue tidak memperhatikan perintah tugas. Ya ampuuunnn gue tuhh sok tau banget level zordon! Ga dibaca dulu baik-baik tugasnya minta apa dan nyuruh apa. Gue asal slonong boy aja srat sret srat sret ngerjain based on pengalaman kerja. Pantes aja pas gue baca lagi gue tuh banyak menulis hal-hal yang kurang perlu dan malah meninggalkan yang basic essential. Ckckck, karena gue merasa itu udah basic jadi dengan luar biasa pongahnya gue anggep ga penting dan tinggalin gitu aja 😦 Alasan ketiga adalah gue ga memperhatikan bahwa ada lohhh perbedaan-perbedaan essential ketika gue menghadapi target audience di western dengan di Indonesia. Yang mana karena gue sotoy ngerjain tugas kuliah ini kayak ngerjain tugas kantor, jadi dehh pake perspective yang lumayan salah. Duh Wanda! *toyor diri sendiri*

Akhirnya setelah mencoba menerima kenyataan bahwa diri ini begitu sotoynya, tibalah saatnya untuk memperbaiki diri. Gue ikut re-sit mata kuliah tersebut dengan ngulang tugasnya menggunakan case yang berbeda. Mana bayar mahal pulak buat ikutan re-sit, seharga tiket pesawat London-Berlin lah bolak balik. Huffhh.. Udah gitu juga research buat disertasi udah mulai berlangsung, jadi ya gue two-timing lah rada keteteran. Belajar dari kesalahan, gue jadi ati-ati banget ngerjain tugas ini, saking ga pedenya dan takut failed lagi gue sampe baca berulang-ulang puluhan kali. Dan saking kapoknya menjadi sotoy, gue sebenernya menyelesaikan tugas itu dalam seminggu, tapi ga gue kumpulin samp menjelang deadline akhir submission. Takuuuuuttt. takut banget kalo tiba-tiba baru ngeh ada yang salah dan mau diubah.

Begitu udah dikumpulin, gue berusaha ikhlas dan lupa ya sama itu tugas dan fokus ngerjain disertasi. Harap-harap cemas tiap hari gue text nyokap biar didoain lulus si mata kuliah yang ganjel ini, sambil gue minta ampun sama Allah atas kesotoyan dan kesombongan gue di awal pengerjaan tugas tersebut. Huhuhu. Lalu sekitar 2 bbulan kemudian gue dapet email yang berisikan hasil tugas re-sit mata kuliah Media Planning Strategy itu. MENNNNN DEG-DEGAN BANGET kayak mau buka pengumuman SPMB 😦 Bismillah, akhirnya gue buka dan langsung scroll ke paling bawah tempat si nilai terpampang. Alhamdulillah nilainya 70! Alhamdulillaaaah seneng banget bisa lulus. Itu nilai itungannya udah bagus banget tuh dapet 70 ya, tapi karena itu statusnya sebagai tugas re-sit alias perbaikan jadinya di buletin mentok di nilai 50. Berarti kan sebenernya gue bisa aja dapet score maksimal SEANDAINYA JIKALAU UMPAMA  gue ga meremehkan sesuatu dan lebih hati-hati dalam mengerjakan tugasnya. Yaudahhh :’) gapapa yang penting lulus yaaa. Alhamdulillah.

Pelajaran banget nih buat gue biar ga takabur jadi orang. Even udah ngerasa sering ngerjain sesuatu, belum tentu lo expertnya! Sejago-jagonya kita di suatu bidang, percayalah banyak banget di luar sana hal-hal yang kita belom tau, dan ada banget juga orang-orang yang jauh lebih jago daripada lo. Plis deh Wanda, manusia tuh sampe mati juga ga ada pantes-pantesnya buat sombong. Di mata Allah tuh lo bahkan ga lebih gede daripada remah-remah pilus. Duh, manusia tuh ya.. mesti ketampol dulu kayak begini nih baru ngeh, baru sadar sama value-value semacam ini.

Ampun Yaa Allah dan Terimakasih Yaa Allah atas pengalamannya.

Advertisements

2 thoughts on “Lo Ga Tau Apa yang Lo Ga Tau

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s