Ramadhan Rasa Baru!

Pertama kali nih guys! puasa 18 jam! D inggris midland sini rata-rata kisarannya 18-19 jam  lah. Makin ke bawah atau ke atas makin lama. Bersyukurlah gue setidaknya ga tinggal di utara banget macam Swedia atau atau Russia yang mana puasanya bisa 22 jam, astaghfirullah bisa-bisa gue colongan minum air wudhu kali deh 😦 Di sini buka puasa tuh sekitar jam 21.45 dan sahurnya paling telat jam 3an lah. Jadi setelah teraweh gue memilih tidak tidur supaya ga kebablasan. Karena eh karena, gue udah ga sahur di hari pertama gara-gara ketiduran kayak gitu. Waktu itu udah nahan-nahan biar ga tidur, ehhh jam 2 tiba-tiba mata gue kayak digelayutin Megawati, berat abisss.. Terus, ntah gimana adegannya, lalu gue bangun jam 3.40an hahaha nyesek coyyy!

Sebelumnya sih gue seumur-umur puasa ya di Indonesia aja gitu sama paling di Malaysia kali ya yang mana ga beda juga durasinya. Awalnya pas mau masuk Ramadhan di sini lumayan jiper juga mau puasa 18-19 jam sehari, selama sebulan full. Bahkan banyak diskusi juga terkait durasi puasa ini, ada yang bilang yaudah ikutin ajalah, in syaa Allah ga ada orang mati karena puasa. Di sisi lain, pendapatnya adalah kita ikutin durasi Mekkah aja sekitar 13 jam gitu, karena ga masuk akal kalo harus sampe bersakit-sakit karena ibadah puasa, apalagi buat negara-negara yang mataharinya cuma terbenam 2 jam setiap harinya selama summer time kayak gini. Hmm.. gue sih so far berusaha ngikutin yang pertama dan alhamdulillah kuat-kuat aja yaaah walopun hari-hari pertama tuh udah kayak ubur ubur, tanpa tulang belakang, nyenderrrrrrr mulu lemes parah kayak Jupe pas putus sama Gaston 😦

By the way, gue sempet sih bertanya-tanya sendiri gitu, kenapa ya Allah ngasih aturannya puasa itu dari terbit matahari hingga terbenam matahari? Padahal kan Allah udah lebih tahu ya ada loh daerah-daerah di bumi ini yang siangnya super lama dan tak kunjung maghrib, ada juga daerah kebalikannya yang banyakan waktu gelapnya daripada terangnya. Kenapa coba? Hmmm.. gatau juga sih, mungkin ya biar manusia berpikir aja kali ya.. atau gimana ya, biar apa ya… :/ bingung

Dari dulu kan gue terbiasa puasa sebagai bagian dari mayoritas, ternyata kayak gini yaaah rasanya jadi minoritas :’) belajar buat makin kuat pendiriannya, belajar juga buat jadi agen Islam yang baik, milih kata-kata yang baik, simple, dan pas buat jelasin apa itu Ramadhan, apa itu puasa, sahur, dan sebagainya, harus mau dan bisa buat ngulang-ngulang jelasin itu berkali-kali tiap ada yang nanya, ga boleh kesel, ga boleh gampang capek karena ke mana-mana jalan kaki, gabisa semena-mena nyetopin ojek lalu lendotan :’) Menarik bangetlah! Makanya gue heran kalo di Indonesia masih pada ributin tutup warung apa ga tutup warung selama Ramadhan, sedangkan di belahan bumi lain orang-orang godaannya lebih-lebih daripada sekedar ngiler liat restoran. Gue pribadi sih ga nyaman ya kalo pas gue lagi puasa lalu temen gue minta maaf berkali-kali dan makan ngumpet-ngumpet kagok gitu. Ihhh apaan sih, gausah segitunyalah, kan keimanan gue ga serapuh pondasi rumah tangga artis-artis kali. Kalopun mau “sorry” cukuplah bilang sekali lalu makan seperti layaknya lo makan biasa aja. Ibadah ini kan juga bukan lomba tahan-tahanan laper dan haus, banyak yg mesti dilakuin yang bahkan lebih berat kayak jaga emosi, perbanyak ibadah, ga berbuat maksiat, ga ngomongin orang (nah yg ini susah banget ampun), ga bikin orang kesel (ini juga buat gue susah, aduh), dan menahan berhubungan seksual (yang ini mah emang masih di tahan kali dari 25 th yang lalu). Yahh begitulah ibadah puasa ini dengan warna-warni nya.

Alhamdulillah gue bersyukur temen-temen internasional di sini (terutama flat mates gue) pada pengertian. Bahkan suka kelewat baik. Gue buka puasa ditemenin sampe beres. Menjelang sahur kalo takut kesiangan mau dia bangunin, plusss ngasih makanan juga macem-macem :’) Bahkan beberapa tau season ini disebutnya Ramadhan, durasinya sebulan, malah bantu ngingetin kalo-kalo yang lagi puasa lagi emosi, mereka juga nanyain kabar dan nyemangatin kayak “How’s your fasting going? atau Come on, 4 more hours :)” hehhee lucu yaaa gemasssssh.

Selain itu, temen-temen Indonesia di sini juga baik-baik banget, budaya buka bersama dan saling bawa-bawain makanan masih berlangsung loh! Horeee.. banyak yang bikin bukber di flat nya, masak sendiri, dan ngundang yang lain. Hari pertama juga berbondong-bonding pada teraweh di masjid. Yaaah hari pertama doang sih, selebihnya banyakan pada sholat di rumah. Bukannya apa-apa nih, tapi karena mulainya aja tuh di sini baru jam 11 malem dan jarak flat ke masjid tuh paling ga 15-20 menitan jalan kaki. Rawan juga daerahnya kalo malem-malem gitu. Lagipula kan penjahatnya bodo amat, mau ini Ramadhan kek atau bukan kek, ya dia mah tetep aja beraksi.

Semoga lancar puasanya nih sebulan penuh dan Allah sampaikan ke Idul Fitri, sama keluarga juga di manapun berada. Lengkap, tanpa kurang suatu apapun. Aamiin Ya Rabb. Oh iya, terimakasih juga Yaa Allah pengalamannya puasa di negeri orang ini πŸ™‚  I love You the mosttt!

So, tahun depan puasa di mana ya kira-kira? πŸ˜‰

Advertisements

2 thoughts on “Ramadhan Rasa Baru!

  1. Assalamu’alaikum Wanda… Hahahha selalu terhibur dengan tulisan loe Wan…. Jadi tau deh dikit2 rasanya puasa 18 jam di negri orang gmn. Ttp istiqomah ya in syaa Allah :))
    Semangaaat Wandaaa, kamu pasti bisaaa… 😘😘😘

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s