The Road (Leeds) to You

This is the blog post that has been anticipated since 8 years ago.

Cerita tentang gue menjemput mimpi ketemu Nyonya Besar, La Tour Eiffel. Well, point nya adalah Paris sih. Gue mulai naksir sama kota ini sejak SMA, gara-gara Aqil Barraq Badrudin, alias Andrea Hirata. Iya, bener, melalui novel-novelnya yang hhhhh.. ga ngerti lagi deh jelasinnya gimana pengaruh karya orang ini di hidup gue. Cek postingan ini aja deh tentang gimana dia membawa gue dari Pasar Minggu sampe di sebuah desa di Inggris Raya dan bagaimana awalnya gue kenalan sama karya-karya beliau.

Kalo dihitung mundur berarti udah sekitar 8 tahun I’ve been dreaming of this city. Paris, Perancis, dan segala hal yang terhubung sama dia menjadi bahan bakar buat gue. As crazy as I could be, gue sampe les bahasa perancis selama 2 tahun karena gue suka banget denger kata, kalimat, aksen dan intonasi dari bahasa tersebut. Gue adalah satu–satunya murid les yang di hari pertama pas ditanya motivasi les nya apa, menjawab: “ya karena suka aja.” di saat temen-temen lain menjawab dengan alasan pekerjaan, studi, dan nikah sama orang perancis. Itu 2 tahun les terbahagia dan ter-tanpa pressure banget :’)

Gue tau banyak banget orang yang me-refer Paris sebagai kota mainstream, Perancis sebagai negara over-rated, dan sejenisnya. But who cares? I do not care even in a single blink. Gue naksir, gue suka, dan ga dosa juga kan ya suka Paris cinta Perancis? haha.. Sejak 8 tahun yang lalu, Paris jadi mimpi gue, dan segala hal gue Paris-Pariskan. Dari yang masuk akal, sampe yang ga masuk akal. Kayak dari sesimple ganti bio twitter locationnya jadi Paris, terus update status khayalan lagi mau ke Paris, dan ada juga masanya ketika gue ngedit foto secara amatir sehingga terlihatlah gue sebelahan sama Eiffel dengan senyum bahagia hahaha.. Ga sedikit sih yang komen kayak “yaelah segitunya banget lo,,” ya tapi biarin aja. Punya mimpi tuh kalo ibarat handphone rasanya batere full, dan pulsa penuh, casing baru :p

216718_2129789679096_1797510_n
editan foto super kasar hehe

photo 4
ini padahal cuma mau ke Malang :’)

photo 2
ini aslinya mau ke Palembang sih haha
The better part of having a dream is having friends and family who believe in your dreams. Temen-temen gue yang  ngerti banget kenapa dan gimana bangetnya gue sama Paris, mereka menyempat-nyempatkan untuk beliin, ngasih, foto, share, atau apapun sesuatu yang berbau ke Perancis-Perancisan buat gue. Kayak gitu-gitu tuh yang bikin senyum gue ketarik sampe kuping 🙂

wall stivker dari Firda, ada juga tea hanger Eiffel dari Shienny, postcard Sacre Coeur dari Putra, dan lain-ain
wall sticker dari Firda, ada juga tea hanger Eiffel dari Shienny, postcard Sacre Coeur dari Putra, keychain nya La Duree dari Seto, dan lain-ain
Dulu ga kepikiran sih gimana caranya bisa ke Paris secara belom punya dana yang pas, waktunya juga kapan, dan sebagainya. Yaah gue tau, sebenernya jarak gue dan Paris hanyalah sejauh beli tiket. Ya tapi itu tiket ga kebeli-beli karena uangnya belom cukup dan ga lucu banget kalo nyusahin orang tua buat ini. Sampe akhirnya gue bercita-cita “Yaudah ntar ke Parisnya sekalian pas lagi sekolah aja yang (rencananya) pake beasiswa jadi basically gratis, ga nyusahin siapa-siapa, dan ga bingung mikirin cuti kantor.” Nah, kawan.. dari situlah gue belajar bahwa kalo ngomong itu hati-hati. 7 tahun kemudian, every single exact word of that wish was coming true. Sekolah lagi pake beasiswa, di Leeds Inggris, dan yang mana cuman 2 hours away from Paris. Aaahh 🙂

April 2015 ternyata adalah waktunya! Waktu yang gue usahain dari 8 tahun lalu, waktu yang gue tanya berkali-kali “kapan ya bisa ke Paris”, waktu yang gue persiapin dg latihan ngomong depan kaca “une billet, s’il vous plait” bayangin beli tiket metro hahhaa (padahal beli tiketnya pake mesin ternyata.) Alhamdulillah Yaa Ghaniiy Yaa Mughniiy!

padahal waktu itu naik kereta mau ke Pekalongan :’)
Pertama kali detik-detik gue ketemu madam Eiffel adalah di metro menuju station Bir Hakeim. Gue duduk di sisi kiri kereta yg jalan maju ke depan. Tiba-tiba di jendela kanan gue kayak melihat sekelbat bayangan hitam gede :’) pas gue tengok….. THERE SHE IS! MADAM EIFFEL berdiri angkuh, ga peduli, dingin, besar, dan kokoh. Aaaah :”’) merinding di metro. Rasanya bener-bener kayak judul blog gue, premature ventricular contraction which simply means my heart skips a beat. Begitu sampe di bawah kangkangan madam eiffel, gue bengong. Merem. Diem. Sambil narik napas, gue bilang dalem hati, “Oh begini rasanyaaaaaa…” karena gue selalu bilang berkali-kali mau ngerasain berdiri di bawah kangkangan Eiffel. Alhamdulillah

Dulu sebelum ke Paris gue bahkan sampe nyiap-nyiapin pose apa ya yg akan gue lakukan pas foto di Eiffel, di Arc de Triomphe, di Louvre, Versailles, dan di semua iconic places nya nanti. Ga cuma itu, gue pun menyiapkan playlist di handphone lagu-lagu apa yang akan gue dengerin di masing-masing lokasi (haha iya gue emang sakit jiwa). Tapi ya ternyata ya penonton, pose yang gue cari udahlah tinggal kenangan, sampe sana beneran tuh malah mati gaya :’) salting kayaknya sih gue haha ya ampun. Lanjut, gue pasang earphone dan dengerin playlist Perancis gue sambil keliling-keliling komplek Eiffel dan foto-foto sesuka-sukanya. Terus begitu dan seterusnya begitu di lokasi-lokasi berikutnya.

 20150405_195007_HDR20150405_113545_HDR2015-06-13-22-58-22_deco (1)

And there it’s a wrapped! The best feeling in the world is when our plans match with God’s plans. Oh, and the bonus feeling is, to accomplish something that people thought you could never accomplish. Le reve devient realite 🙂 Je suis la plus heureuse sur la terre 🙂

Semua bilang apaaa??

ALHAMDULILLAH YAA RABB

let's dream a new dream!
now let’s dream a new dream, Annisa Pratiwanda!
One thought on “The Road (Leeds) to You

  1. Pingback: Meeting him in his very own place | what has happened?

Leave a Reply

