air asin pengencang pipi

Jadi ya, belakangan ini gue lagi sering merasa sedih gitu. Ada satu dan lain hal yang bikin hati gue terpuruk dan pikiran gue kemana-mana ga jelas. Seperti biasa kalo lagi down gitu pasti ngaruh ke ulu hati gue yang jadi sakit banget, kayak sakit maag campur ketonjok. Psikosomatis banget ih gue anaknya emang 😦 Nah kalo udah begini nih, palingan ya kayak nangis 10 detik terus sholat terus ngaji deh. Bukannya sok-sok agamis atau alim cendekia gitu, bukaan.. tapi dari beberapa hal yang selama ini coba gue lakukan untuk memperbaiki perasaan dan pikiran ya 2 hal itu tuh yang ternyata ntah gimana caranya bikin rasanya jadi mendingan, jadi legaan. Kalo tiba-tiba keingetan lagi sama yang busuk-busuk, biasanya gue akan menyegerakan makan enak (ini asli beneran ngaruh loh) dan ngobrol sama orang.

Ngobrol sama orang lain itu sedikit banyak bisa mengalihkan perhatian, karena bisa mendistraksi otak buat mikirin hal lain, energi yang tadinya buat mikirin masalah busuk jadi kepake buat mikir kenapa ya Budi Gunawan bisa dilantik tanpa sepengetahuan Jokowi? atau kenapa ya Kristen Stewart jadi lesbi? Yaah lumayanlah, buat lupa sebentar sama masalah yang lagi gue punya tuh apa. Syukur-syukur yang diajak ngobrol bisa bikin ketawa, wah itu sih bonus 🙂

Nah kalo lagi sedih, lo biasanya berdoa minta apa sama Tuhan? Hmm.. kalo gue sih, gue minta tolong supaya gue dibantu fokus sama hal yang penting-penting aja dan dijauhkan dari memikirkan atau mengusahakan apapun yang ga ada manfaat kebaikannya buat gue. Daan, gue minta sama Allah supaya gue dikelilingi dengan orang-orang baik yang berenergi positif supaya gue ga kelamaan sedih. Well, terkadang kita ga pernah tau loh secepat apa doa bisa dikabulin. Kayak beberapa hari yang lalu gue gontai banget jalan ke kampus sengaja telat, masih lemes dan sedih. Gue kelas dari pagi sampe sore dan agak lumayan males interaksi sama orang.Tapi tuh ya ada aja caranya Allah buat ngirim orang-orang gitu ke gue buat menghibur. Pertama selesai kelas, seorang temen Nigeria gue nyamperin, dan nanya ke gue “Where are you from?” then I said “I am from Indonesia.” terus dia kagetlah pas gue bilang Indonesia, dia reaksinya “Oh, nooo!” kayak sambil mengepalkan tangan gitu, layaknya ekspresi orang yang tebakannya salah. Terus gue tanya “what was your guess?”, lalu di jawab ” I thought you are from DUBAI!”  HAHAHAHHA ngakak lah gue, ya masa gue satu semester ini dikira orang Dubai?! hahahahaha apakah muke gue mirip menara Al Burj?? *brb mandi minyak*. Oke, kemudian orang kedua kiriman Allah adalah dosen gue! Selama seminar dia beberapa kali ngeliatin ke arah kaki gue. Jadi agak salting karena takutnya apa posisi duduk gue ga bener atau gimana. Lalu abis seminar dia nyamperin aja gitu ke tempat duduk gue cuma buat bilang “I like your shoes, those really fit you” terus senyum. Gue sebagai pecinta sepatu seneng banget dicompliment kayak gituuuuu hahahha thank youu!

Tuh, liat deh betapa humorisnya Tuhan kita, guys! Dia ga pengen hambanya sedih dan ngerasa sendirian. Makanya Dia kirim deh segelintir hiburan ringan melalui orang lain. Bahkan ga sampe di situ aja, selang beberapa waktu kemudian gue dihubungi oleh seorang temen yang curhat bahwa dia lagi sedih karena suatu masalah percintaan gitulah. Berat banget kayaknya sampe dia nangis sesenggukan. Dalam kondisi kayak gini boro-boro gue sempet ngelamun dan mengasihani diri gue bersama masalah-masalah gue sendiri, jadilah fokusnya gue pake buat mendengarkan dan menenangkan si teman ini. Well pagi harinya gue bangun tidur dan dan seharian aktivitas di kamar aja. Di sela-sela makan dan leyeh-leyeh seharusnya gue mengerjakan tugas, tapi ya biasalah malah goler-goler, dengerin lagu sambil main hape nonton youtube dsb dst dll. Walaupun udah ga seterpuruk hari-hari kemarin, tetep aja masih kadang kepikiran beberapa hal busuk yang berresiko bikin sedih. Nah sebelum gue beneran sedih, tiba-tiba dapet kabar seorang temen lagi sakit yang mana sakitnya lumayan serius. Jadilah waktu yang seharusnya bisa jadi moment menggalau internasional tadi, gue pakai buat ngobrol dan tuker insight sama si teman yang lagi sakit ini.

Tuh, gemes kan? Betapa Allah itu “ada-ada aja” caranya buat me-maintain gue fokus sama hal yang bermanfaat aja dan menjauhkan gue dari remeh-temeh galau duniawi. Hasil ngobrol sama beberapa temen tersebut membuka mata gue lagi bahwa “YAELAH WANDA JANGAN SOK NGERASA PALING PUNYA MASALAH DEH DI DUNIA INI” tuh liat temen-temen di sekitar lo juga semua orang punya masalah masing-masing yang kalo dicompare bahkan masalah lo ga ada seupil-upilnya pun dibanding mereka. Jadi sebelum nyender, selimutan, dan nangis, mendingan kita pikir dulu deh, ini guna ga sih gue nangis gini? Ini efisien ga sih kalo gue bengong ga berfaedah gini? Jadi mendingan jangan kebanyakan di kamar sendirian, mendingan lo pake baju yang bener, bedakan, pake lipstik, dan keluar tuh sana ke taman ketemu orang kek, foto-foto kek, baca buku kek, atau NGERJAIN DISERTASI KEK!

Nah gitu ya, udah jangan cengeng! Inget, semangat lo harus lebih pedes daripada cuka pempek palembang!

HAP HAP HAP!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s