MALHAM, I’m in love!

Kadang ya, kebahagiaan itu bisa didapet dan dirasain justru di tempat yang ga pernah terprediksi. Gue baru mengalaminya 1 Februari 2015 :)))))) ALHAMDULILLAH

Well, nama temmpatnya MALHAM. Sebuah hiking site yang terletak di Yorkshire Dales, United Kingdom. Ini tempatnya sekitar satu jam, dari kota Leeds naik bus. Kalo kalian pernah nonton Harry Potter yang Deathly Hallows, nah ini adalah salah satu tempat syuting nya. Sebagai seorang pemudi yang tidak membaca ataupun menonton harpot ya, manalah gue tau apalagi terpikir bakal ke tempat ini, cobaaa? Kebayang aja engga. Dan ternyata Ya Allah tempatnya bagus banget, dan alhamdulillahnya kemarin pas ke Malham nya pas lagi winter dan masih banyak salju di atas. Kata guide nya, “winter is the best season to come there, you still got the snow, the sun, and beautiful scenery.” Ahhhh pengen nangis bagus banget.

Harry Potter Malham Cove Limestone Pavement IMG_9246

Berawal dari sobi gaul ahli IT bernama Ryu, yang mengajak untuk join event nya hiking society kampus. Dia melempar ajakan tsb ke grup anak-anak Indonesia yang sekolah di Leeds. Namun sayang responnya tidak cukup antusias karena pada males duluan kebayang capeknya hiking dan butuh persiapan yang lumayan niat. Akhirnya sempet bikin grup sendiri bagi 7 orang yang menyatakan dirinya minat. Perihal niat, selalu jadi problema ya tiap jalan-jalan. Dari jarak menyatakan minat sampe ke hari-H pasti ada aja yang gugur. Begitupun kali ini, yang akhirnya beneran jalan adalah empat orang saja dari Indonesia. Setelah drama sepatu hiking dan segala pernak-pernik nya akhirnya kita berangkat.

Pagi jam 08.00 kita kumpul di meeting point gedung utamanya University of Leeds. Gue pake adegan drama nyaris kesiangan karena begadang demi leganya hati seorang teman (read; dicurhatin). Thanks to Ryu yang nelponin sampe gue bangun dan grup line berisik yang mengusik tidur gue, huffh.. Well, Begitu udah kumpul kita disuruh isi list daftar hadir dan dicheck satu persatu kelayakan sepatu kita buat hiking ini sama panitianya. Masaaa yaa, ada dong sekelompok mbak-mbak (kayaknya eropa dan african gitu) yang dateng lenggang kangkung pake boots pergaulan dan high heels pula, malah segala bawa tas ketek cantik buat ke mall gitu 😦 OH SWEET LORD, they dont even have the idea of what hiking is. Akhirnya mereka ditolak dan gaboleh ikutan masuk ke bus buat berangkat. Mungkin akan di refund atau semacamnya, I’m not sure. Eh tapi ya ngomong-ngomongin ditolak, gue juga hampir lohhhh ditolak gara-gara sepatu gue agak kurang meyakinkan hahaha, tauk deh kurang mahal apa kurang gagah gitu kali ya sepatu gue. Tapi setelah diliat baik-baik sama panitia akhirnya gue lolos. ALHAMDULILLAH! Jadilah kami berempat bersama puluhan international students lainnya berangkat dengan riang menuju Malham. I did not expect so much actually from this trip, paling semacam udara segar dengan pemandangan dataran tinggi yang bagus. Itu aja cukup. Tetapiii ternyata eh ternyata, sepanjang perjalanan di bus terpampanglah pemandangan dataran tinggi yang terselimuti salju dan langitnya super cerah! Saljunya masih pada tebel dan lereng bukitnya memanggil-manggil banget. Gue udah kayak bocah cilik yang diajak ke disneyland, dikasih permen, dan bolos sekolah, haha EXCITED PARAH!

20150201_094951_HDR

Begitu sampai lokasi penanjakan kita dibagi tiga tim. Gue sama temen-temen masuk tim 3 bersama students lainnya. Well, pengalaman salju pertama gue adalah tanggal 26 Desember 2014 di Leeds. Tepatnya di flat gue dan itu berupa hujan salju tipis yang cukup membangunkan sosok anak kecil di dalam jiwa ane gan! Hingga akhir januari gue belum kunjung merasakan salju yang selayaknya. Pengen banget bisa nyelupin kaki sampe sebetis lah paling ga biar berasa main salju beneran gitu lohhh kayak yang suka gue liat di tipi haha! Dan Allah Maha Baik, keinginan remeh temeh semacam itupun Dia kabulkan via Malham trip ini. Dari awal naik menanjak bersama tim 3, kita mulai menemukan salju-salju menawan dan ga tahan buat ngebuntelin saljunya jadi snowball dan dengan ke-norak-an maksimal ala anak tropis, pada mulai lempar-lemparan salju. Aria sang ahli transport adalah yang paling sporadis manuvernya lemparin orang pake snowball. Adapun Bayu sang ahli sipil yang paling kalem kalo di lempar dan ga ngebales (padahal excited juga sih aslinya, haha). Sampe di giliran gue yang mau bales, lagi adegan ngurek-ngurek salju gitu eh ketangkep basah sama orang british (guide nya gitu), “have you seen snow before?” nanya gitu dia sambil heran ngeliatin gue. Mungkin di hatinya di bilang ” norak banget mbak ngapain lu ngurek-ngurek salju sampe nungging gitu??” Gue cuma cengengesan sambil bilang kalo di negara gue ga ada salju jadi yaaa gitu deh.

IMG_9110
aria dengan kebusukan hatinya
nih nihhh kaki yang kecelup sebetis!
nih nihhh kaki yang kecelup sebetis!
IMG_9143
ketombe-ketombe surgawi!

Seiring perjalanan, cuacanya baik banget. Langit cerah, awan cakep, angin ga terlalu kurang ajar, ga hujan pula. Pokoknya asik deh! Kita sempet melewati kayak segerombolan sapi-sapi gunung gitu dan sapi berponi yang biasanya terkenal ditemukan di highland, scotland. Mereka tipe sapi-sapi yang nge gank gitu dan lumayan sombong karena dipanggil-panggil tapi ga nengok, huh!

jadi steak aja lo, tau rasa!
jadi steak aja lo, baru tau rasa!
IMG_9122
bang hair, mate!

Makin jauh perjalanan, makin nemu yang keren. Kita sampai pada sebuah danau gitu namanya Malham Tarn. CANTIK BANGET GUYSSS gue ga abis pikir. Itu perpaduan antara salju, air danau, bebatuan, rumput, serta sinar matahari tuhhh rasanya mahal banget!! Semahal gengsinya para wanita! wahaha.. Kita stop di situ buat lunch break. Semua orang makan bekalnya masing-masing dan makan sambil ngadep si danau itu. I feel blessed, like really blessed :’) Itu kayaknya lunch time terbaik gue dalam 24 tahun hidup di dunia, hahaa terbaca lebay tapi ini beneran sih. Great view, well weather, nice food, good companion, what could I ask for more?

ceburin aku mas! ceburin aku!!
ceburin aku mas! ceburin aku!!

Setelah adegan lunch di surga mini tersebut kita lanjut jalan dan ternyata masih jauh hahha. Gue yang dari excited sampe jadi lumayan cranky karena pegel total! Pinggang dan lutut gue kayak terpuruk gitu rasanya. Mana si guide nya kaga ngasih waktu istirahat atau berenti sebentar kek apa gitu.. Tancap teruus! Bule-bule pada lebar banget langkahnya gue selalu ketinggalan di belakang bersama geng Indonesia lainnya. Bahkan ga jarang kita ditegor sama guide nya supaya lebih cepet jalannya takut keburu gelap. ihhh sebel banget gue! Untuk menutupi kesebelan dan ke-cranky-an gue maka gue mulai nyanyi-nyanyi semua lagu yang kepikiran di kepala. Bodo amaaat, sekali lagi, bodo amaaat mau suara gue ga enak di denger juga bodo amat yang penting gue seneng dan lupa kalo lagi capek 🙂 muahaha..

Oiya, di perjalanan ini banyak banget yang jatoh. Si guide yang cewe tersungkur, ada juga yang kepleset karena licin banget jalanannya es semua. Banyak area yang tertutup salju tapi pas diinjek ternyata itu kolam air kecil gitu, jadinya kayak jebabet deh, alias jebakan betmen! Ada juga yang tergelincir ke lumpur bahkan kotor dari pipi sampe kaki. Kita juga sempet nemuin ada jejak darah netes gitu di salju kayaknya bekas orang luka sebelumnya. Terus ya bahkan si Bayu temen Indonesia gue juga jatoh gedubrak gitu ke belakang. Pas dia jatoh langsung kita samperin dan Ryu mengulurkan tangan buat bantuin bangun. Ntah gimana tiba-tiba fokus Ryu jadi ke hapenya bayu yang jatoh dan malah ngecek layarnya pecah apa engga. HAHHAHAH Bayu nya malah lupa diangkat untuk sesaat. Alhamdulillah Bayu (dan hapenya) baik-baik aja kok. Terus, di tengah perjalanan menuju turunan si Bayu teringat mbak-mbak high heels yang ditolak tadi pagi oleh panitia, dan dia nyeletuk random sendiri gitu sambil jalan, “Hai cewek ber high heels, celakalah lo kalo jadi pada ikut ke sini!” Hahaha bener juga sih, berarti panitia emang ga asal nolak-nolak orang aja.

Lalu ada tragedi kehilangan camera case segala si Ryu, kayaknya ga sadar itu udah jatoh dari kapan dan mau tak mau harus diikhlasin karena ga mungkin dicari lagi di antara tumpukan salju ke belakang. And mostly photos were taken using that camera, so camera yang berjasa, semoga kau mendapatkan case baru nantinya. aamiin.

Setelah jalan kaki dengan total kurang lebih 17km dalam waktu 6 jam, kita turun dan menuju sebuah cafe gitu buat persiapan pulang. Di perjalanan turun kita disuguhkan landscape yang sangat ciamik berwarna keemasan seperti ini;

20150201_155638_HDR

Then, sesampainya di kafe tersebut, kita menyeruput hot chocolate sambil meluruskan kaki bersama. Alhamdulillah masih ada 20 menit waktu ashar sebelum masuk maghrib, jadi kita sholat seadanya banget di kafe itu. Bodo amat deh norak canggung risih diliatin orang sekitar. Kiblat juga yaudah seadanya ngadep mana kek, semoga Allah memaklumi keterbatasan kami. How could we forget God after all those fun that God gave us that day (especially). Alhamdulillah..

jamak takhir qoshor
jamak takhir qoshor
20150201_163442_HDR
jamak takhir qoshor

Overall, gue sangat puassss! Super seneng dan bahagia banget 🙂 Sepanjang perjalanan gue tepar dan ga inget gimana pokoknya langsung tidur begitu di bus. Kaki lutut pinggang pundak ankle dan anggota tubuh lainnya udah terkulai banget. Bangun-bangun udah sampe kampus lagi di tempat meeting point tadi pagi. Semua pada laper dan ga sanggup masak buat makan malem, alhasil kita nyebrang ke restoran depan kampus (namanya Charchos) buat makan bareng. Kemudian, keesokan paginya bangun tidur paha kenceng dan betis tegang.Lebih tegang daripada liat pengumuman SPMB loh! hahaha

Anyhow, I’d rather feel all these pain just to see those beautiful nature all over again! Terimakasih banyak Yaa Khaliq, Yaa Mushowwir 🙂

Screenshot_2015-02-02-19-57-08-1

Note: Most photos credit goes to Ryzky Yudha. Thanks!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s