Masaklah sebelum engkau dimasak

Ini minggu kedua hidup di negeri orang.
Buat urusan perut so far gue lebih sering masak karena pilihan makanan di sini ga variatif , selain itu tentu saja NGIRIT BRAYY!

Dari semangat dan motivasinya sih gue boleh lah diandalkan, tapi sejauh ini karir memasak gue baru seumur jagung. Dulu kalo di rumah gue biasanya lebih mencoba resep-resep baking kue dan dessert-dessertan gitu. Nah makanya begitu sampai pada hal masak main course apalagi yg menu indonesia yaudah deh gue mendingan kayang di monas :’)

Jadi yang udah gue coba masak di sini adalah sebagai berikut, buat gambaran betapa cekereme nya pilihan menu sementara ini:

1. Tumis-tumisan
Ini andalan! Gue kalo ke supermarket belinya lettuce, toge, brokoli, buncis dan temen temennya. Untuk perdagingan awal mulanya gue belum nemu yang halal, jadi cuma beli udang kupas 150 gram gitu. Jadilah gue semingguan kayak makan udang tumis teruuuuusss 🙂 kadang pake brokoli kadang lettuce, kadang udang dan bawang, yaah setiap makan gue berdoa semoga otak gue ga jadi otak udang , aamiin.

Lalu seiring perkembangan jaman gue nemu minimarket halal deket kampus, akhirnya gue dapet perdagingan. horeeeeee. Etapi, gue masih belom berani coy beli semacam ayam atau daging segar gitu, minder. Rasanya kayak pressure banget diliatin sama daging dan ayam, “Hayoo! Gue mau lo masak apa cobaa, HAYO!!!!” Gilaaa. Serem banget kan? Yaudah jadinya gue beli sosis halal dulu aja deh.

2. Sop-Sopan
Nah ini andalan kedua, karena tinggal cemplung cemplungin aja. Terimakasih kepada masako serenceng warung yang dibawain mamaaah. Biasanya isinya wortel buncis kentang dan lettuce, berhubung kedatangan sosis, semakin mewah lah sop gue. Alhamdulillah.

3. Perteloran
Sungguh besar jasamu wahai sang ibu ayam yang telah nelor setiap hari. Gue sukanya telor ini adalah karena mau dimasak apapun ga pernah salah diaaa! Gue ceplok enak, gue dadar lezat, gue pake buat goreng roti juga nikmat, atau selipin ke dalem setangkup roti dan kasih lettuce jadilah sandwich. Atau kalo mau agak gaya ya kocok bareng potongan jamur, paprika, dan keju, jadilah omelete. Yeaaaay! Terimakasih telor, aku merasa seperti perempuan dewasa yang berhasil 🙂

Nahhhhh setelah fase itu semua, akhirnya kemarin gue naik level dengan memberanikan diri untuk beli ayaaaaam segar. HUHAH! Gue beli 3 pound dapet 7 potong paha ayam. Campuran drumstick sama thigh. Berbekal bumbu racik ayam goreng dari si mamah cantik, gue memulai peperangan di dapur sejak sore hari. Dengan bunyi kelontang kelonteng, dan ditemani 3 gadis afrika yang lagi kepang-kepangan rambut, gue proses ayam itu. Gue ambil 3, gue cuci bersih. Yaaampuunn pas nyuci ayam tuh rasanyaaaa GELAAAYYYY eewwhh, tubuh telanjang si ayam mentah itu licin dan nyek nyek banget di tangan. Sebelum ngeluh, gue menguatkan niat lagi dan berusaha bodo amat. Gue buang semua kulit merindingnya. Oh iya, gue benci bangeettt sama kulit ayam yg merinding gridil gridil gitu. Abis itu gue baret baret ayamnya pake pisau biar bumbunya nyerap ntar. Setelah beres, gue ungkep bersama air dan si bumbu, sampe airnya habis. Lamaaaaa banget nungguin biar bumbunya nyerap.

Sampe langit berubah agak gelap barulah gue masuk tahapan menggoreng. Gue kecipratan minyak udah kayak kecipratan rejeki… Sering bener! Sampe gue pasrah dan tetep beraksi bolak balikin ayamnya. Dari 3 ayam tadi, gue goreng 2, satunya buat besok pagi aja. Kemudian, setelah jadi itu si ayam gue taro piring, dan gue manasin nasi. Lalu gue taro nasi sama ayam bersebelahan, dan gue semprotin sambel ABC kebanggaan bangsa. Tak lupa bawang goreng sulawesi (jangan tanya dari mana) gue taburkan di atasnya.
Terus gue bikin teh anget manis, dan gue dadah dadah sama gadis gadis afrika yang masih anteng kepang rambut.

Cuci tangan, lesehan, lalu makan pake tangaaaaan! Oh dear God.. Terimakasih ya atas nikmatnya 🙂

IMG_0010.JPG

Betapa baru terasa gimana repotnya si mamah tiap hari masakin sekeluarga lengkap, menu beda-beda, rasanya enak terus, dan masih terima komplainan 😦
Belom lagi bingung, tiap hari masak menu apa. Gue yang masih masak buat diri sendiri aja bingung bangetttt. Padahal kalo di rumah tiap hari mamah nanyain mau dimasakin apa hari ini? Lalu gue dengan entengnya jawab terserah…. Aduhhhhhh
Pantes aja ya kalo begitu sampe rumah anaknya pada udah jajan tuh rasanya sedihhhh masakannya ga dimakan. Belum lagi pas kapan ditanya “kok ga makan, nak?” Terus anaknya jawab, “bosen mah, besok aja deh buat sarapan”.. ya ampun pengen nangis deh gue nih ngetik. Kok gue jahat ya.. Gatau sih kalo masak itu setengah mati, tangan bau bawang ga ilang-ilang, badan bau dapur, rambut bau asep. Maaf ya mah 😥

Bismillah, semoga gue ke depannya makin pinter masak, dan lebih menghargai pekerjaan belakang rumah yang ternyata essensial banget buat kehidupan sehari-hari.

Well, lesson learned!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s