KRISIS IDENTITAS ?

Nama lengkap gue ANNISA PRATIWANDA.

Tapi

Nama panggilannya banyak, tergantung lo siapa dan kenal gue di mana. Kalo di rumah dan semua keluarga manggil gue UCHA. Kalo temen TK sampe SD itu manggil gue ANNISA atau NISA (hehe manis banget ya..) Nama Annisa ini juga banyak banget potongannya, jadi AN lah, terus jadi NIS lah, lalu jadi SA lah.. Macemmmm macem.

Nah begitu SMP, ntah gimana ceritanya kok makin banyak nemu yang namanya Annisa di satu sekolahan gitu, bahkan satu kelas. Jadinya sejak SMP gue dipanggil PW (read: pewe) itu dari pratiwanda kan jadinya disingkat gitu. Itu juga masih disingkat lagi jadi PEW atau WE. Laluuu kejanggalan tiada akhir, pas masuk SMA gue kembali dipanggil ANNISA / NISA, yang mana hanya bertahan selama 1 tahun. Begitu mau masuk kelas 2 gue kan lolos seleksi paskibraka, naaah ada ada aja sih aturannya gaboleh sama namanya sama senior yang ada sebelumnya. Secara nama gue laris di pasaran indonesia jadilah diganti menjadiiiiiii WANDA diambil dari pratiwanda nya itu. Eh tapiiii di sekolah, tepatnya di kelas 2 itu ada yg namanya ANNISA juga absennya di atas gue nama panjanganya Annisa Prameswari Firdausy. Dia dari awal dipanggil PF (read: Pe ef) dan gue jadi dipanggil PW lagii hahaha gelo.

Pas masuk kuliah lain lagi ceritanya. Duh ada ada aja deh.. Jaman ospek kuliah tuh nama boleh diganti sesuka senior dan wajib dipake selama masa ospek. JADIIIII sejak 2008 di kampus, orang mengenal gue dengan nama PANDA yang mana juga diambil dari pratiwanda, hahahah what a name! Asli deh nih pratiwanda tuh kalo lo google juga cuma gue kayaknya di dunia ini yang punya nama pratiwanda. Ya ga heran juga karena itu gabungan nama bokap-nyokap.

Ok, jadi setelah ospek kampus nama gue bagi beberapa orang ga balik ke awal. Tetep PANDA tapi hanya segelintir yang mengembalikan nama gue menjadi WANDA. Gokil ya suke suke lu deh padeee.. Kadang gue berkhayal kenapa sih nama gue bukan SHANIA atau CHRISTINA ohhh atau yang selalu gue idamkan adalah BARBARA, kan keren ya apalagi kalo memperkenalkan diri, “My name is Barbara, but you can call me BARBIE for short..” Woooowww meni internasional pisan nama abdiii :’) tapi sayangnya muke gue terlalu solehah buat nama barbara.

Jadi dari semua perubahan nama di atas itu gue secara big picturenya didominasi oleh panggilan Wanda. Tetapi, ternyata eh ternyata… Gubahan nama gue belum berakhir. Sekarang gue kan sekolah lagi ya, ambil master di UK. Nah dilema identitas diri kembali menguak. Awalnya gue mau memperkenalkan diri sebagai Wanda. TAPIIII FAILEDDD. HAHAA gimana ga failed coba, nih:

Gue: my name is wanda
Orang china : WANG DA?

Gue: I’m Wanda
Orang inggris : woow is it like WONDER? (British kan bilang wonder as ‘wondaa’ )

Gue: You can call me Wanda
Orang Lithuania : sorry, what is it again?

Nyeraaaaaahhhhhh *bendera putih*
Jadi gue sekarang balik lagi namanya jadi ANNISA

Responnya beda beda lagi abis gue kenalin diri jadi Annisa, tapi respon positif kok alhamdulillah.

Kata orang inggris: wow, Annisa, I like that name.
Kata orang kuwait: annisa means a woman who fun to talk with
Kata orang Uruguay: I love the way you say it. How is that again, ANNEEZA.

Oke lesson learned. Nah besok anak gue akan gue pertimbangkan untuk kasih nama yang ready to exist deh di dunia pergaulan internasional.

Tapi apapun ceritanya gue suka banget sih sama nama gue yang dikasih mamah papah ini hehe. Apalagi part ‘pratiwanda’ nya 🙂 makanya semua sosmed username pake nama pratiwanda :*

2 thoughts on “KRISIS IDENTITAS ?

Leave a Reply

